Sejarah Singkat Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Madiun

Dasar pendirian dan SK Pendirian Fakultas Psikologi adalah Fakultas yang didirikan atas dasar Surat Keputusan Dewan pengurus Yayasan Widya Mandala Madiun No. 69/C/YWMM/VI/1999, ditetapkan di Madiun 1 Juli 1999. Selanjutnya, Fakultas ini mendapatkan status ” Terdaftar” berdasarkan surat keputusan Dirjen Dikti No. 176/DIKT/Kep/2000 tertanggal 18 Maret 2013 dan berdasarkan keputusan BAN-PT No.032/BAM-PT/Ak-XV/S1/X/2012 menyatakan bahwa Program Studi Psikologi terakreditasi dengan peringkat C sejak tanggal 18 Oktober 2012 sampai dengan 18 Oktober 2017.

Dalam Usianya yang relatif masih muda, Program Studi Psikologi senantiasa berbenah diri, mengembangkan diri meningkatkan kualitas pelayanan, dengan mengikuti dinamika masyarkat. Sejalan dengan perkembangan tersebut, Program Studi Psikologi “Menyiapkan calon Sarjana Psikologi yang berkemampuan handal sebagai ilmuan psikologi yang memiliki kompetensi di bidang pelayanan terhadap masyarakat secara khusus pendampingan komunitas melalui pembelajaran service learning.” Dalam rangka mewujudkan harapan tersebut, Program Studi Psikologi mengajak mahasiswa terampil di bidang akademik maupun non-akademik. Kegiatan akademik berupa melibatkan mahasiswa di bidang intervensi non klinis, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kegiatan non akademik berupa melibatkan mehasiswa sebagai pendamping lapangan dan komunitas, forum diskusi, debat ilmiah, peserta sminar, penyelenggara seminar, narasumber dalam siaran radio, dan studi lapangan.
Program studi ini beruaha terus mengupayakan tenaga pengajar yang berkualitas dengan kepangkatan Asisten Ahli, Lektor dan Lektor Kepala. ProgramStudi Psikologi senantiasa meningkatkan kualitas dose melalui penugasan studi lanjut ke S-2 dan S-3, penyertaan seminar, Pelatihan Peningkatan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksioanl (PEKERTI), Lokakarya, dan Pengabdian kepada Mayarakat.