VISI-MISI

1. VISI
Menjadi Program Studi yang Humanis-Eksistensial dengan semangat Non Scholae Sed Vitae Discimus.
Sebagai cita-cita yang ingin dicapai maka misi Program Studi Psikologi adalah sebagai berikut:

a. Humanis-Eksistensial
Pengertian Humanis-Eksistensial mengacu pada individu yang merupakan agen bagi dirinya sendiri sehingga harus bertanggung jawab pada dirinya sendiri pula termasuk atas kelemahan diri, kegagalan, pengalaman masa lalu, kondisi atau perlakuan yang tidak menyenangkan sehingga individu harus mampu mengembangkan potensinya supaya mandiri. Selebihnya individu yang merupakan bagian dari masyarakat mampu bekerja dan bersinergi demi martabat manusia (melalui pelayanan terhadap kaum lemah, miskin, tersisih, terpinggir, tanpa pelindung-option for the poor) dan demi kemuliaan Allah.

b. Non Sholae Sed Vitae Discimus
“Non Sholae Sed Vitae Discimus” yang menjadi semboyan Universitas Katolik Widya Mandala Madiun berarti ” Kita belajar bukan demi ilmu semata, melainkan demi kehidupan”. Dengan semngat Non Sholae Sed Vitae Discimus ditekankan supaya orang belajar demi mencari makna hidup atau hidup yang bermakna (searching for meaning of life) sehingga menjadi orang yang bijaksana-kebijaksanaanya terletak pada tindakan bagi orang miskin dan lemah.

2. MISI
a. Menyelenggarakan pendidikan yang humanis-eksistensial melalui suasana akademik yang mampu menghargai perbedaan dan empati.
b. Melaksanakan penelitian demi pengembangan ilmu, kebenaran, dan kemanusiaan sesuai kode etik Psikologi.
c. Mengabdikan ilmu dan hasil penelitian bagi masyarakat dengan semangat kristiani (cinta kebenaran, solidaritas universal, kebebasan dan tanggung jawab, perhatian terhadap yang tersisih, dan pengembangan ilmu dan teknologi demi martabat manusia).

3. TUJUAN
a. Menghasilkan lulusan yang jujur, peduli, antusias, tangguh dan reflektif terhadap persoalan psikologis yang berdasarkan pada Indonesia dan situasi global.
b. Menghasilkan penelitian yang mampu memberi kontribusi terhadap persoalan psikologis supaya mampu mandiri demi kebenaran sejati dan kemanusiaan.
c. Melakukan pengabdian pada masyarakat berdasarkan ilmu dan hasil penelitian sehingga mampu meningkatkan kerjasam dalam meghadapi perubahan dengan semangat kristiani.