Mahasiswa Psikologi Unika Widya Mandala Madiun Menunjukkan Eksistensi di Seminar Nasional Psikologi

Pada tanggal 29 April 2017, bertempat di Hotel Alana Surakarta, Nahemia Dito Hendrata menunjukkan eksistensinya di seminar nasional psikologi. Seminar Nasional, yang di selenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta ini, mengangkat tema “Penguatan Individu di Era Revolusi Informasi”.

Nahemia Dito, mahasiswa semester VI, bergabung bersama para pemakalah lainnya, yang merupakan dosen, mahasiswa S1, maupun mahasiswa pascasarjana dari berbagai Universitas, mempresentasikan paper hasil penelitiannya dalam kelas call paper. Nahemia Dito mempresentasikan cialisfrance24.com papernya dengan penuh percaya diri.

Judul paper yang dipresentasikan oleh Nahemia Dito adalah “Keterkaitan Minat Selfie dengan Kepribadian Narsistik dan self esteem Remaja”. Paper ini merupakan hasil penelitian Nahemia Dito dengan Laurentius Purbo, salah satu dosen di Fak.Psikologi Unika Widya Mandala Madiun. Hal ini merupakan wujud kerjasama dosen dan mahasiswa dalam bidang penelitian.

Penelitian yang diangkat dalam paper ini, berlatarbelakang maraknya fenomena selfie di kalangan remaja. Beberapa hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa minat selfie terkait dengan adanya kecenderungan gangguan kepribadian narsistik dan self-esteem yang rendah pada seseorang. Hasil penelitian ini memperlihatkan tidak adanya keterkaitan diantara ketiga hal tersebut. Hal ini terjadi karena selfie merupakan usaha eksistensi diri, wujud konformitas, serta kompensasi sosial remaja.

Sebelum Nahemia Dito, Villa Setyorini (mahasiswa semester IV) juga pernah mengirimkan paper hasil penelitiannya di Seminar Nasional Hasil Penelitian yang di selenggarakan oleh Universitas Merdeka Madiun. Semoga langkah Villa dan Dito dapat diikuti oleh dosen dan mahasiswa Fak.Psikologi Unika Widya Mandala Madiun yang lain, sehingga membangkitkan budaya akademik di kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.