AKADEMIK

  1. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
  2. Kurikulum pedidikan tinggi yang mejadi dasar penyelenggaraan program studi terdiri atas kurikulum inti dan kurikulum institusional.
  3. Kurikulum inti terdiri atas kelompok mata kuliah sebagai berikut:
    • Kelompok mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) adalah kelompok bahan kajian dan pembelajaran untk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan kasih terhadap Tuhan, menjunjung kebenaran, tangguh, jujur dan humanis, sertamempunyai masa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
    • Kelompok matakuliah Keilmuan dan ketrampilan (MKK) adalah kelompok bahan kajian dan pembelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan ketrampilan tertentu.
    • Kelompok mata kuliah keahlian berkarya (MKB) adalah kelompok bahan kajian dan pembelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kerkaryaan berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.
    • Kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) adalah kelompok bahan kajian dan pembelajran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.
    • Kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) adalah kelompok bahan kajian dan pembelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat dengan pilihan keahlian dalam berkarya.
    • Kurikulum Institusional merupakan sejumlah bahan kajian dan pembelajaran yang merupakan bagian dari kurikulum pendidikan tinggi, terdiri atas tambahan dan kelompok ilmu dalam kurikulum inti yang disusun dengan memperhatikan keadaan dan kebutuhan lingkungan serta kekhasan Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
    • Masa peninjauan kurikulum dilakukan sekurang-kurangnya dua tahun sekali.

KURIKULUM 2014/2015

KURIKULUM 2016/2017